Pengertian dan penjelasan QOS (Quality Of Servis) dan Simple Queue

Pengertian QOS (Quality Of Servis)

Kualitas layanan (QoS) adalah kinerja keseluruhan dari telepon atau komputer jaringan, khususnya kinerja dilihat oleh pengguna jaringan.Untuk kuantitatif mengukur kualitas layanan, beberapa aspek terkait layanan jaringan sering dianggap, seperti tingkat kesalahan, bandwidth, throughput, delay transmisi, ketersediaan, jitter, dll.

Di bidang telepon, kualitas layanan didefinisikan oleh ITU pada tahun 1994. Kualitas layanan terdiri dari persyaratan pada semua aspek sambungan, seperti waktu respon, kehilangan, rasio signal-to-noise, crosstalk, echo, interrupts , respon frekuensi, tingkat kenyaringan, dan seterusnya. Sebuah subset dari QoS telepon adalah kelas pelayanan (GoS) persyaratan, yang terdiri dari aspek yang berkaitan dengan koneksi kapasitas dan jangkauan jaringan, misalnya dijamin maksimum probabilitas blocking dan outage.

Sebuah jaringan atau protokol yang mendukung QoS mungkin setuju pada kontrak lalu lintas dengan aplikasi perangkat lunak dan cadangan kapasitas di node jaringan, misalnya selama tahap pembentukan sesi. Selama sesi mungkin dicapai memantau tingkat kinerja, misalnya data rate dan keterlambatan, dan secara dinamis mengontrol penjadwalan prioritas dalam node jaringan.

Sebuah alternatif untuk mekanisme kontrol QoS kompleks adalah untuk menyediakan komunikasi berkualitas tinggi melalui jaringan terbaik-upaya oleh lebih-pengadaan kapasitas sehingga cukup untuk beban puncak lalu lintas yang diharapkan.

Fungsi QOS (Quality Of Servis) :
Semua komputer dan perangkat di jaringan akan bersaing dengan satu sama lain untuk mendapatkan bandwidth internet dan beberapa aplikasi yang memerlukan jaminan bandwidth (seperti video streaming dan jaringan telepon) akan terpengaruh, karena itu hasil tidak menyenangkan yang akan terjadi, seperti gangguan transfer video / audio.
QOS memiliki fungsi-fungsi sebagai berikut:
a) Pengkelasan paket untuk menyediakan pelayanan yang berbeda-beda untuk  kelas paket yang berbeda-beda.
b) Penanganan kongesti untuk memenuhi dan menangani kebutuhan layanan yang berbeda-beda.
c)  Pengendalian lalu lintas paket untuk membatasi dan mengendalikan pengiriman paket-paket data.
d)  Pensinyalan untuk mengendalikan fungsi-fungsi perangkat yang mendukung komunikasi di dalam jaringan IP.

Pengertian Simple Queue
Simple Queue merupakan salah satu cara yang sangat mudah untuk membagi bandwidth dari skala kecil sampai menengah. Simple queue ini biasanya digunakan untuk mengatur bandwidth upload dan download tiap user.

Daftar Pustaka

https://tkjpedia.com/penjelasan-qos/https://tpurnamasari.wordpress.com/2012/10/17/fungsi-qos/


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Bank Soal Administrasi Infrastruktur Jaringan (AIJ)

Bank Soal TLJ (Teknik Layanan Jaringan)

Pengertian Simple Queue, HTB, dan Queue Tree